Rangkuman Materi Kelas 3 Tema 1 Subtema 1 Pertumbuhan dan Perkambangan Makhluk Hidup. Rangkuman ini mengacu pada buku yang di keluarkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dengan judul "Pertumbuhan dan Perkembangan Makgluk Hidup" Buku tematik terpadu kelas 3 kurikulum 2013 edisi revisi 2018. Kelas 3 Tema 1 Subtema 1 Pertumbuhan dan Perkambangan Makhluk Hidup dibua untuk membantu siswa-dan siswa kelas3 belajar untuk menghadapi Ulangan Harian atau Penilain Tengan Semester (PTS) dan Penilaian Akhir Semester (PAS)
sumber gambar buku tematik Kemendikbud |
Kopetensi Dasar Kelas 3 Tema 1 Subtema 1 Pertumbuhan dan Perkambangan Makhluk Hidup
Sebalum masuk kepada Rangkuman Kelas 3 Tema 1 Subtema 1 Pertumbuhan dan Perkambangan Makhluk Hidup alangkah baiknya kita mengetahui Kopetensi Dasar pada tema ini.
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
1.1. Menerima arti bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas pada lambang negara “Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
1.4 Mensyukuri makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
2.1 Bersikap jujur, peduli, kasih sayang sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
2.4 Menampilkan sikap kerja sama sebagai wujud bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.
3.1 Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.
3.3 Menjelaskan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar.
3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.
4.1 Menceritakan arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.3 Menyajikan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar.
4.4 Menyajikan bentuk-bentuk kebersatuan dalam keberagaman di lingkungan sekitar.
1.4 Mensyukuri makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
2.1 Bersikap jujur, peduli, kasih sayang sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
2.4 Menampilkan sikap kerja sama sebagai wujud bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.
3.1 Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.
3.3 Menjelaskan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar.
3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar.
4.1 Menceritakan arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.3 Menyajikan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar.
4.4 Menyajikan bentuk-bentuk kebersatuan dalam keberagaman di lingkungan sekitar.
Matematika
3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.
4.1 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.
Bahasa Indonesia
3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat
hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif
Seni Budaya dan Prakarya (SBdP)
3.1 Mengetahui unsur-unsur seni rupa dalam karya dekoratif.
3.2 Mengetahui bentuk dan variasi pola irama dalam lagu.
3.3 Mengetahui dinamika gerak tari.
3.4 Mengetahui teknik potong, lipat, dan sambung.
4.1 Membuat karya dekoratif.
4.2 Menampilkan bentuk dan variasi irama melalui lagu.
4.3 Meragakan dinamika gerak tari.
4.4 Membuat karya dengan teknik potong, lipat, dan sambung.
Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJoK)
3.1 Memahami kombinasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1 Mempraktikkan kombinasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
Rangkuman Kelas 3 Tema 1 Subtema 1 Pertumbuhan dan Perkambangan Makhluk Hidup
Ciri-ciri amhluk hidup pada umumnya adalah
- Bergerak
- Bernafas
- Mengelurkan Zat sisa
- makan dan minum
- Peka terhadap rangsangan
- Berkembang biak
Perhatikan cara membaca dan menulis bilangan berikut ini.
- 1.000 dibaca seribu
- 2.000 dibaca dua ribu
- 3.000 dibaca tiga ribu
- 4.100 dibaca empat ribu seratus
- 4.250 dibaca empat ribu dua ratus lima puluh
- 5.500 dibaca lima ribu lima ratus
- 6.050 dibaca enam ribu lima puluh
- 7.150 dibaca tujuh ribu seratus lima puluh
- 10.000 dibaca sepuluh ribu
Contoh cara mengerjakan soal cerita .
Contoh:
Perusahaan A 1.200 kotak dan Perusahaan B 3.000 kotak
Berapa jumlah susu kemasan kotak yang dihasilkan perusahan A dan D?
Permasalahan tersebut diselesaikan dengan penjumlahan. Penjumlahan dapat dilakukan
dengan cara susun ke bawah. Letakkan bilangan sejajar sesuai nilai tempatnya, lalu jumlahkan
sesuai kelompok.
Cara menyelesaikan.
Perusahaan A menghasilkan 1.200 kotak.
Perusahaan D menghasilkan 3.250 kotak.
Jumlah susu kotak semuanya:
1.200
3.250 +
4.450
Bergerak
Makhluk hidup dapat bergerak contok ikan begerak dengan sirip, manusia dengan berjalan, ular dengan merayap kangguru dengan melocat. Begitu juga dengan tumbuhan, Akar tumbuhan akan bergerak mencari zat hara dan tumbuhan akan condong ke arah matahari.
Sumber gambar : Buku tematik Kemendikbud Kelas 3 |
Tumbuh
Makhluk hidup dapat tumbuh dan berkembang. Tumbuh artinya bertambah ukuran tinggi dan beratnya.
Sumber gambar : Buku tematik Kemendikbud Kelas 3 |
Pertumbuhan manusia dipengaruhi oleh makanan dan juga kebiasaan berolahraga.
Berkemkbang Biak
Makhluk hidup dapat berkembang biak. Cara berkembang biak makhluk hidup berbeda-
beda. Ada yang berkembang biak dengan cara melahirkan. Ada juga yang berkembang biak
dengan cara bertelur.
Sumber gambar : Buku tematik Kemendikbud Kelas 3 |
Makan dan Minum
Peka terhadap Ransangan
Mengamalkan Sila Pertma
Sila pertma dari pancasila adalah "Ketuhanan yang maha esa". Sila pertama dilnbangkan dengan bintang .
Makhluk hidup memerlukan makanan dan air. Manusia memerlukan tumbuhan dan hewan untuk
makanan. Sebagian hewan juga memerlukan tumbuhan untuk makanan.
Sumber gambar : Buku tematik Kemendikbud Kelas 3 |
Peka terhadap Ransangan
Makhluk hidup peka terhadap rangsang. Kepekaan makhluk hidup terhadap rangsang berbeda-beda.
Jika kita melihat sinar matahari atau sinar yang menyilaukan lainnya, dengan cepat kita akan
menutup mata. Daun putri malu akan menutup daunnya jika disentuh. Buah pada pohon pacar
cina akan meletus jika disentuh. Landak dan kaki seribu akan menggulung badannya jika disentuh.
Sumber gambar : Buku tematik Kemendikbud Kelas 3 |
Mengamalkan Sila Pertma
Sila pertma dari pancasila adalah "Ketuhanan yang maha esa". Sila pertama dilnbangkan dengan bintang .
Bersyukur adalah berterima kasih dengan semua yang diberikan Tuhan. Sikap selalu bersyukur
adalah salah satu contoh pengamalan sila pertama Pancasila.
Cara Menjaga kesehatan tubuh adalah dengan makan-makanan yang sehat dan rajin berolahraga. Menjaga kesehatan tubuh merupakan cara bersyukur kepada Tuhan.
Aturan sebelum makan :
- Selalu menutup makanan agar tehindar dari kuman yang dibawa lalat.
- Cuci tangan sebelu makan
- berdoa sebelu makan dimulai sebagai tanda terimakasih kepada Alloh.
Gerak jalan dan Berlari
Perhatikan gambar berikut ini!
Ikuti berbagai gerak berjalan dan berlari seperti gambar!
Sumber Gambar Buku Tematik Kelas 3 Tema 1 Kemesndikbu |
Kekuatan kaki menjadi faktor utama keberhasilan dalam kegiatan perlombaan kombinasi gerak
berjalan dan berlari
Demikianlah Rangkuman Kelas 3 Tema 1 Subtema 1 Pertumbuhan dan Perkambangan Makhluk Hidup semoga ada manfaatnya jangan lupa untuk bantu share agar teman yang lain merasakan manfaat yang sama.
Mag-post ng isang Komento