Rangkuman kelas 5 Tema 6 subtema 1 Panas dan Perpindahannya (Suhu dan Kalor)
Kopetnsi Dasar (KD) Kelas 6 Tema 6 Subtema 1
Pendidikan Pancasila daa Kewarga negaraan (PPKn)
1.2 Menghargai kewajiban, hak, dan tanggug jawab sebagai warga masyarakat dan umat beragama dalam kehidupan sehari-hari.
2.2 Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam memenuhi kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
3.2 Memahami hak, kewajiban dan tanggung jawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari.
4.2 Menjelaskan hak, kewajiban, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
Bahasa Indonesia
3.3 Meringkas teks penjelasan (eksplanasi) dari media cetak atau elektronik.
4.3 Menyajikan ringkasan teks penjelasan (eksplanasi) dari media cetak atau elektronik dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif secara lisan, tulis, dan visual.
Ilmu Pengetahuan Alam
3.6 Menerapkan konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari.
4.6 Melaporkan hasil pengamatan tentang perpindahan kalor.
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
3.2 Menganalisis bentuk bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia.
4.2 Menyajikan hasil analisis tentang interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia.
Seni Budaya dan Prakarya
3.2 Memahami tangga nada.
4.2 Menyanyikan lagu-lagu dalam berbagai tangga nada dengan iringan musik.
Rangkuman kelas 5 Tema 6 subtema 1 Panas dan Perpindahannya
- Benda yang dapat menghasilkan energi panas disebut sumber energi panas. Sumber energi panas dapat kita jumpai di alam, salah satunya adalah matahari.
- Matahari merupakan sumber energi panas terbesar. Semua makhluk hidup memerlukan energi panas matahari. Energi panas matahari membantu proses pembuatan makanan pada tumbuhan yang disebut sebagai proses fotosintesis
- Energi panas dimanfaat manusia untuk Misalnya, panas matahari digunakan untuk mengeringkan padi setelah dipanen, mengeringkan garam, mengeringkan ikan asin, bahkan untuk mengeringkan pakaian yang basah.
- Energi panas dapat dihasilkan ketika terjadi gesekan antara dua benda. gesekan antara kedua telapak tanganmu dan gesekan antara mistar dan kain, dapat menimbulkan energi panas.
- Energi panas juga dapat diperoleh dari api.
- Indra peraba tidak dapat digunakan untuk mengukur derajat panas suatu benda karena setiap orang memiliki perbedaan dalam merasakan suhu di sekitarnya.
- Tingkat panas dinginnya suatu keadaan digunakan suatu besaran yang disebut suhu atau temperatur.
- Panas (kalor) dan suhu adalah dua hal yang berbeda. Energi panas merupakan salah satu energi yang dapat diterima dan dilepaskan oleh suatu benda. Sedangkan Suhu adalah besaran yang menyatakan derajat panas suatu benda. Suhu suatu benda menunjukkan tingkat energi panas benda tersebut.
- Satuan suhu yang digunakan di Indonesia adalah derajat Celcius (°C). Alat untuk mengukur suhu disebut termometer. Satuan panas dinyatakan dalam kalori dan diukur dengan kalorimeter.
- Tangga nada adalah urutan nada yang disusun secara berurutan. Misalnya do, re, mi, fa, sol, la, si, do.
- Tangga nada diatonis adalah tangga nada yang mempunyai dua jarak nada, yaitu satu dan setengah. Pada sistem tangga nada diatonis, dalam satu rangkaian nada terdapat 7 nada pokok. Contoh Piano
- Tangga nada pentatonis, me-rupa kan jenis tangga nada yang hanya memakai lima nada pokok. Berdasarkan nadanya, ada tangga nada pentatonis yang menggunakan tangga nada jenis pelog dan tangga nada jenis slendro. Contoh alat musik yang menggunakan tangga nada jenis pelog dan slendro adalah gamelan Jawa
- Tangga nada pelog biasanya menggunakan susunan nada yang berbunyi seperti nada-nada do – mi – fa- sol – si. Salah satu lagu daerah yang menggunakan tangga nada ini adalah lagu Gundhul Pacul dari Jawa Tengah.
- Nada slendro biasanya menggunakan susunan yang berbunyi seperti nada-nada do – re – mi – sol – la. Lagu yang menggunakan tangga nada ini memberi kesan gembira dan lincah. Salah satu contoh lagu dengan tangga nada slendro ini adalah lagu Cublak-Cublak Suweng dari daerah Jawa Tengah.
- Semua makhluk hidup yang ada di bumi, melakukan hubungan dengan sesama makhluk hidup maupun dengan lingkungannya. Lingkungan alam terdiri atas benda mati dan makhluk hidup. Lingkungan alam merupakan sumber penghidupan bagi makhluk hidup, karena alam menyediakan semua kebutuhan makhluk hidup.
- Benda mati dan makhluk hidup saling memengaruhi antara satu dengan yang lainnya. Bahkan, antarkeduanya saling berkaitan
- Makhluk hidup juga dapat memengaruhi benda mati. Contohnya daerah yang banyak tumbuhannya akan menyebabkan daerah tersebut menjadi lebih sejuk.
- Hubungan antara manusia dan lingkungan alam dapat dikelompokkan menjadi dua. Pertama hubungan yang membuat manusia harus dapat menyesuaikan diri dengan alam contoh manusia harus menyesuakan diri dengan bencana alam. Kedua adalah hubungan yang membuat manusia dapat memanfaatkan alam sekitarnya.
- Hak Kelangsungan Hidup, hak untuk melestarikan dan memper-tahankan hidup dan hak memperoleh standar kesehatan tertinggi dan perawatan yang sebaik-baiknya.
- Hak Perlindungan, perlindungan dari diskriminasi, eksploitasi, kekerasan, dan keterlantaran.
- Hak Tumbuh Kembang, hak memperoleh pendidikan dan hak mencapai standar hidup yang layak bagi perkembangan fisik, mental, spiritual, moral, dan sosial.
- Hak Berpartisipasi, hak untuk menyatakan pendapat dalam segala hal yang memengaruhi anak. Kamu mempunyai hak untuk mendapatkan informasi yang sesuai dengan usiamu.
- mendapat perlakuan sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya;
- memperoleh pendidikan agama sesuai dengan agama yang dianutnya;
- mengikuti program pendidikan yang bersangkutan atas dasar pendidikan berkelanjutan, baik untuk mengembangkan kemampuan diri maupun untuk memperoleh pengakuan tingkat pendidikan tertentu yang telah dibakukan;
- mendapat bantuan fasilitas belajar, beasiswa, atau bantuan lain sesuai dengan persyaratan yang berlaku;
- pindah ke sekolah yang sejajar atau yang tingkatnya lebih tinggi sesuai dengan persyaratan penerimaan siswa pada sekolah yang hendak dimasuki;
- memperoleh penilaian hasil belajarnyamenyelesaikan program pendidikan lebih awal dari waktu yang ditentukan;mendapat pelayanan khusus bilamana menyandang cacat.
Baca juga :
Soal Kelas 5 Tema 6 subtema 1 Panas dan Perpindahannya
Pengaruh Negatif Interaksi Manusia dengan Lingkungan Alamnya
- Prilaku manusia yang meyebabkanka kerusakan alam adalah jenis interaksi negatif manusia dengan alam.
- Perilaku masyarakat yang suka membuang sampah sembarangan misalnya, dapat merusak lingkungan alam di sekitarnya. Membuang sampah di sungai dan di laut, dapat merusak makhluk hidup lain yang ada di dalamnya. Tidak hanya itu, kerusakan lingkungan yang ditimbulkannya dapat membahayakan manusia sendiri.
- Prilaku negatif ini dapat berdampak buruk terhadap manusia itu sendiri contohnya terjadi banjir karena saluran air yang terganggu oleh sampah dari kegiatan manusia merupakan salah satu contohnya. Demikian juga dengan bencana tanah longsor, disebabkan karena manusia sering menebang pohon di tanah yang landai. Kebakaran hutan karena kecerobohan manusia pun, menyebabkan kerusakan dan kerugian yang sangat besar.
- Menaati peraturan pemerintah yang tercamtum dalam undang-undang
- Menaati peraturan sekolah
- Menjaga dan memelihara fasilitas sekolah
- Belajar dengan sungguh-sungguh
- Pemasangan Kaca Jendela Para tukang kayu selalu merancang ukuran bingkai jendela yang sedikit lebih lebar dari ukuran sebenarnya. tujuan untuk memberikan ruang pemuaian bagi kaca saat terkena panas agar tidak retak.
- Ban Sepeda/Motor dan Mobil . Ban yang diisi terlalu banyak udara dapat meletus dan dapat mengakibatkan kecelakaan. Hal ini disebabkan karena udara di dalam ban dapat memuai karena panas.
- Kawat/kabel Listrik dan Telepon. Kawat dan kabel listrik dibuat mengendur Hal ini dilakukan dengan tujuan agar kawat atau kabel tidak putus pada malam hari ketika mengalami penyusutan.
- Pemuaian yang Terjadi pada Gelas Kaca
- Pemuaian pada Sambungan Rel Kereta ApiSambungan pada rel kereta api, dibuat ada celah antara dua batang rel. Hal ini dilakukan untuk memberikan ruang muai sehingga saat terkena panas, rel tersebut tidak melengkung
- Menaati peraturan yang telah ditetapkan, baik oleh sekolah maupun oleh negara.
- Mengamalkan nilai-nilai dalam Pancasila.
- Lagu "Cing Cangkling" Lagu daerah asal jawabarat deinyanyikan dengan tempo nada moderato. dimulai dari nada Do
- Lagu "Gundul-Gundul Pacul" di tulis atau dikarang oleh R.H Harjda Subroto
- Lagu "Cublak-Cublak Suweng" Lagu ini berasal dari Jawa Tengah.
Mag-post ng isang Komento