Rangkuman Kelas 4 Tema 9 Subtema 1 Kayanya Negriku

Rangkuman Materi Tematiks  Tema 9 Subtema 1 Kekayaan Sumber Energi Indinesia Kelas 4 SD (Sekolah Dasar)

Rangkuman Materi Kelas 4 Tema 9 Subtema 1 Kayanya Negriku ini kami buat untuk membantu siswa kelas 4 Sekolah dasar. Karena dengan rangkuman materi ini siswa diharapakan cukup sekali saja mebaca buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013  Kayanya Negeriku yang di keluarkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan selenohnya siswa bisa membaca rangkuman ini karena didalamnya kami siapkan point-poin penting yang harus di pahami dan di ingat siswa. Sebagai informasi penting, Rangkuman ini merujuka pada buku yang berjudul Kayanya Negriku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi Terbaru. Rangkuman ini selin bisa digunakan oleh siswa, bisa juga digunakan oleh para orang tua di rumah untuk mendapingi anaknya yang sedang belajar dibanku Sekalah Dasar Kelas IV.

Kami mengucapkan terima kasih atas kontribusi dari semua pihak dalam penyempurnaan Rangkuman Materi Kelas 4 Tema 9 Subtema 1 Kayanya Negriku Semoga kita dapat memberikan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi Indonesia yang lebih berkualitas.

Kekayaan Sumber Enegi Indonesia

Kopetensi Dasar (KD) Tema 9 subtema 1 Kekayaan sumber Energi Indonesia

Perlu disampaikan kepada adik dan orang tua Rangkuman Materi Kelas 4 Tema 9 Subtema 1 Kayanya Negriku ini memilik Koptensi Dasar yang perlu di Ketahi sebelum bsi pelajari.  Adapun Kopetensi Dsara (KD) Tema  9 Subtema 1 adalah sebagai berikut.

Ilmu Pengetahun Alam (IPA)

3.5 Mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber 
energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari. 
4.5 Menyajikan laporan hasil pengamatan dan penelusuran informasi tentang berbagai perubahan bentuk energi.

PPkN

1.2  Menghargai dan hak warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dalam menjalankan agama.
2.2 Menunjukkan sikap disiplin dalam memenuhi kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat sebagai wujud cinta tanah air.
3.2 Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
4.2 Menyajikan hasil identifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Bahasa Indonesia

3.3. Menggali informasi  dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan.
4.3. Melaporkan hasil wawancara menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dalam bentuk teks tulis.

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.
4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.

SBdP

3.2 Mengetahui tanda tempo dan tinggi rendah nada.
4.2 Menyanyikan lagu dengan memperhatikan tempo dan tinggi rendah nada.

Rangkuman Materi Kelas 4 Tema 9 Subtema 1 Kayanya Negriku

Rangkuman Materi Kelas Tema 9 subtema 1 ini memiliki judul subtema "Kayanya Sumber Energi Indonesia". Rangkuman ini kami buat kami buat dalam bentuk pointer agar mudah di ingat dan dipahami siswa. selain itu siswa bisa mengabaikan ponint yang sekiranya tidak di perlukan atau sudah di pahami. Berikut adalah point-point penting yang berhasil kami rangkum dari buku temati Tema 9 subte 1 kayanya negriku untuk kelas 4 SD.

Air dan Listrik

1.  Air adalah bagian penting dalam kehidupan manusian,  Salah satu pemanfaatan air adalah untuk
pembangkit  listrik tenaga air

2.  Di Indonesia, pembangkit listrik tenaga air adalah salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk memenuhi seluruh kebutuhan pasokan listrik bagi masyarakat. Banyaknya ketersediaan air menjadi salah satu alasan paling mendasar untuk membangun pembangkit listrik tenaga air di Indonesia.

3.  Waduk atau bendungan merupakan salah satu rangkaian sistem dari pembangkit listrik tenaga air. Aliran air dari bendungan atau waduk digunakan untuk menggerakkan turbin yang akan membangkitkan energi listrik.

4.Aliran air mampu menggerakkan kincir  yang dibangun di dekat sungai.  Kincir-kincir  ini  akan  dihubungkan dengan  generator  untuk menghasilkan listrik. Makin deras aliran air, semakin kencang kincir berputar. Energi listrik yang dihasilkan pun semakin besar.

Air dan Listrik Kelas 4 Tema 9 Kanya negriku


Lingkungan

1.  Lingkungan  adalah  segala  sesuatu  yang  ada  di  sekitar  manusia  yang memengaruhi kehidupan manusia. Berikut fungsi lingkungan bagi kehidupan.
a.  Lingkungan sebagai Tempat Mencari Makan (Contoh : Nelayan di Laut)
b. Lingkunga adalah Tempat bekerja.
c.  Lingkungan adalh sebagai tempat tinggal

Hak dan Kewajiban Terhadap Lingkungan

Berikut ini adalah berbapa Kewjiban yang harus manusia lakukan terhadap lingkungannya .
1.  Menjaga Kebersihan Lingkungan
Kebersihan Lingkungan harus dijaga dengan cara membuang sampah pada tempatnya . Sampah yang dibuang sembarangan dapat mencemari lingkungan dan menyebabkan  kerusakan lingkungan 

2. Melakukan Penanamn pohon
Pohon memberikan banyak keuntungan bagi manusia . Pohon dapat menyediakan udara bersih dan segar bagi manusia . Pohon juga melindungi lapisan ozon yang mulai menipis dan mengurangi pencemaran udara . Menanam pohon di lingkungan sekitar rumah maupun di lahan gundul merupakan kewajiban setiap orang .

3 . Menggunakan Jenis Kendaraan yang Ramah Lingkungan
Kendaraan ramah lingkungan menghaslikan gas buangan yang tidak berbahaya sehingga dapat mencegah pencemaran udara yang semakin hari semakin parah .

4.  Memperindah lingkungan
Memperindah lingkungan dapat dapat dilakukan dengan menghias taman atau kebun dengan menanam berbagai macam tanaman bunga . Lingkungan yang indah dan asri sangat baik bagi kesehatan tubuh . Setelah kita memenuhi segala kewajiban dalam melestarikan lingkungan , kita dapat memperoleh hak  kita dari lingkungan . Hak yang kita peroleh dari lingkungan antara lain adalah sebagai berikut .

Berikut ini adalah beberabapa Hak yang  yang dapat diterim manusia kerana telah melaksanakan kewajiban  terhadap lingkungannya.

1. Menikmati Lingkungan yang  Bersih dan Sehat
Lingkungan yang bersih dan segar akan membuat tubuh kita sehat dan hidup menjadi lebih nyaman . dengan  tuuh yang sehat kita dapat melakukan kegiatan dengan lebih baik .

2. Mendapatkan Air yang Bersih dan Sehat
Kita sangat membutuhkan air bersih untuk minum dan kegiatan lainnya . Dengan lingkungan yang bersih dan sehat maka ketersediaan air bersih akan terjamin . Sehingga kebutuhan kita akan air bersih dapat terpenuhi .

3. Tumbuhan dan Hewan Hidup Sehat
Lingkungan yang bersih dan sehat membuat hewan dan tumbuhan juga dapat tumbuh dengan baik sehingga kita dapat mengambil manfaat dari tumuhan dan hewan tersebut untuk memenuhi kebutuhan kita .

4. Terhindar dari Bencana Alam
Beberapa bencana alam dapat terjadi karena lingkungan yang rusak dan tercemar misalnya banjir dan tanah longsor . Jika hutan sebagai daerah resapan air terjaga dan sampah tidak mencemari lingkungan maka bencana ters5.ebut tidak akan terjadi.

5.  Terbebas dar Berbagai Pencemaraan Lingkungan
Lingkungan yang bersih dan sehat membuat kita terhindar dari berbagai pencemaran sehingga terhindar dari berbagai penyakit yang mengancam kesehatan .


Hak dan Kewajiban terhadap lingkungan tema 9 subtema 1 kela 4
Hak yg kita terima dari lingkungan

Lagu "Alam Bebas"

1. lagu Alam bebas adalah karya dari H. Muctar, lagu dinyanyikan dengan nada mars gembira. Berikut lirik lagu "Alam Bebas" karya H. Muctar :

Alam Bebas

Alam yang luas bebas
Kaya tiada batas
Selalu sedia dia
Bagi kita semua

Alam yang indah megah
Selalu sedia
Memberi ajarannya
Pandangan luas

Mari kita sekolah di sana
Agar dapat nuansa pandangan
Di sana kita kan belajar berpandangan luas

2.  Nada adalah bunyi yang beraturan dan memiliki frekuensi tertentu. Dalam musik setiap nada memiliki tinggi nada atau tala tertentu. Nada dapat diatur dalam tangga nada yang berbeda-beda. Nada 
sering diistilahkan dengan not, walaupun sebenarnya keduanya memiliki perbedaan arti. 


sumber : Buku Tematik Kelas 4 Tema 9

3. Tempo merupakan ukuran kecepatan musik dalambirama lagu atau cepat lambatnya lagu dinyanyikan.Kecepatan lagu bisa diukur dengan alat bernama metronome.




Jenis-Jenis sumber Energi

Indonesia adalah negara yang kaya dengan sumber  energi mulai  dari minyak dan gas bumi (migas) sampai yang bukan minyak dan gas bumi (nonmigas). Secara umum, sumber eneri dapat dikatagorikan pada  dua jenis, yaitu sumber energi yang bisa diperbaharui dan tidak bisa di perbaharui.

1. Sumber Energi yang Tidak Dapat Diperbarui 
Sumber energi yang tidak dapat diperbarui merupakan sumber-sumber energi yang akan habis. Sumber energi tersebut jugatidak dapat diperbarui lagi. Pada umumnya, minyak dan gas merupakan sumber energi yang tidak dapat diperbarui. Contoh lain adalah batu bara, gas alam, dan hasil tambang lainnya.

2. Sumber Energi yang Dapat Diperbarui
Sumber energi yang dapat diperbaruimerupakan sumber energi yang tidakakan habis meskipun digunakan se-cara terus-menerus. Sumber energi ini dapat memperbarui diri. 

Hemat Energi

1. Hemat energi adalah mempergunakan energi yang ada dengan seperlunya saja. Salah satu yang harus kita hemat adalah energi listrik. Keberadaan listrik juga memakan biaya yang sangat tinggi. adapun hal yang bisa dilakukan untuk menghemat energi listrik adalah sebagari berikut.
a. Tidak menyalakan lampu pada siang hari. 
b. Lampu dinyalakan maksimal 10 jam setiap hari.
c. Mematikan peralatan elektronik jika tidak digunakan.
d. Menggunakan listrik seoptimal mungkin.


Hak dan Kewajiban terhadap Sumber Energi

Kewjiban terhadap sumber Energi
Berikut kewajiban manusia dalam menggunakan sumber energi dalam kehidupan sehari-hari.
a. Menghemat energi dengan menggunakannya seperlunya.
b. Memanfaatkan teknologi dan peralatan yang ramah lingkungan.
c. Menjaga dan melestarikan alam untuk menjaga ketersediaan sumber energi.
d. Melakukan reboisasi untuk menjaga ketersediaan sumber air.
e. Menggunakan energi alternatif seperti energi angin, air, atau matahari untuk menggantikan energi yang tidak dapat diperbarui.

Hak Memanfaatkan Sumber Energi
Setiap orang memiliki hak yang sama untuk menggunakan energi agar dapat menunjang kegiatannya sehari-hari. Untuk hal-hal tertentu setiap orang pun berhak mengelola energi. Hak mengelola energi diperbolehkan selama tidak melanggar undang-undang dan merugikan orang lain.

hak dari sumber energi kelas 4 tema 9 subtema1
Hak dari sumber energi

Manusia dan Lingkungan

1. Lingkungan amat penting bagi kehidupan manusia karena manusia tergantung kepada 
lingkungan

2. Oleh karena itu, manusia harus senantiasa berbuat baik kepada lingkungan. Manusia 
harus dapat berpikir dan berperilaku secara tepat, bijak, dan bertanggung jawab. 

3. Hidup yang selaras dengan alam dapat dimulai dari diri sendiri. Kita harus membiasakan pola hidup bersih dan sehat seperti selalu membuang sampah pada tempatnya, rajin berolahraga, dan selalu memeriksa keadaan mesin kendaraan agar tidak menghasilkan banyak asap koto.

Kegiata Ekonomi Masyarakat Teragantung Lingkungan

Berikut beberapa kegiatan ekonomi masyarakat yang tergantung  kepada sumber daya alamnya :

1. Masyarakat Daerah Laut  kegiatan ekonominy adalah  Nelayan memanfaatskan semua sumber laut spt iakn, kerang, udang dll. kedua adalah parwisata spt pulau raja empata

2. Masyarakat di daerah sungai kegiatan ekonominy adalah petani padi dan juga kegiatan transportasi

3. Masyarakat di daerah dataran tinggi Daerah dataran tinggi baik untuk menanam sayuran dan buah-buahan. Selain itu bisa juga digunakan untuk kegiatan parawisata.

4. Masyarakat Dataran Rendah Seperti dataran tinggi, dataran rendah juga dimanfaatkan sebagai lahan
pertanian. Selain itu, dataran rendah tuk industri, peternakan, dan pe-
rumahan.

ekonomi dan lingkungan tema 9 subtema 1
sumber buku tematik kemendikbud



Materi Wawancara 


1Wawancara adalah percakapan anatara dua orang atau lebih dan berlangsung antara narasumber dan pewawancara.

2. Pewawancara adalah orang yang melakukan wawancara. Sedangkan narasumber adalah orang yang diwawancarai atau orang yang punya informasi.

3. Tujuan dari wawancara adalah untuk menggali informasi yang tepat dari narasumber yang terpercaya.

Bentuk-Bentuk Wawancara


a. Wawancara berita, yaitu wawancara yang dilakukan untuk mencari bahan berita. 
b. Wawancara dengan pertanyaan yang dipersiapkan terlebih dahulu.
c. Wawancara telepon, yaitu wawancara yang dilakukan lewat pesawat telepon atau ponsel.
d. Wawancara pribadi
e. Wawancara dengan banyak orang.
f.  Wawancara dadakan atau mendesak.
g. Wawancara kelompok, yaitu wawancara yang dilakukan oleh sekelompok pewawancara untuk mewawancarai seorang pejabat, artis, seniman, dan masih banyak lagi.

Ciri-Ciri Wawancara

- Dilakukan secara bertatap muka.
- Dilakukan dengan tujuan untuk mengumpulkan data dan fakta.
- Ada orang yang mewawancarai atau pewawancara.
- Ada orang yang diwawancarai atau narasumber


Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Wawancara

- Membuat jadwal atau janji dengan narasumber. 
- Mempersiapkan seluruh pertanyaan yang akan diajukan pada narasumber.
- Siapkan alat untuk mencatat dan merekam.
- Segera melakukan wawancara sesuai dengan daftar pertanyaan. 

Berikut contoh bunga nasional beberapa bangsa.

1.  Belamda = Tulip
2.  Jepang : Sakura
3. Indonesia : Melati

Demikianlah Rangkuman Materi Kelas 4 Tema 9 Subtema 1 Kayanya Negriku semoga meberikan sedikit manfaat bagi adik-adik sekalian. Jangan Lupa Share artikel ini jiga dirasa ada manfaat bagi orang lai.

Tag :
Rangkuman Kelas 4 Tema 9 subtema 1
Kelas 4 tema 9 subtema 1
rangkuman tematiks kelas 4 tema 9 subtema subtema 1

Post a Comment

Mas Bago Mas luma

Iklan In-Feed (homepage)

" target="_blank">Responsive Advertisement